Blog

Desember 21, 2018

Simak Pembahasan Mikroskop Monokuler

Simak Pembahasan Mikroskop Monokuler

Simak Pembahasan Mikroskop Monokuler

Simak Pembahasan Mikroskop Monokuler – Mikroksop adalah sebuah alat yang bisa membantu kita mengamati objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat secara langsung dengan mata.
Contoh sederhananya apabila sobat mau melihat susunan daun sebuah tanaman, nah sobat tidak dapat dapat melihat secara jelas jika cuman mempergunakan mata secara langsung saja, sahabat perlu suatu benda namanya mikroskop.
Sekarang ini ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron dan terdapat jenis lain. Aku bakal memaparkan dengan spesifik pada akhir post nanti untuk itu monggo diperhatikan sampai akhir.
Gambar Bagian-Bagian Mikroskop
Jika anda yang belum mengetahui nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat bisa lihat gambar yang telah saya sediakan.Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik serta nonoptik. Oke jika sahabat kepo dan ingin tahu dengan jauh lebih detail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

 Part-Part Optik

    • Lensa okuler, gunanya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata sahabat untuk mengamati objek.
    • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya Anda harus mengoleskan minyak emersi ke benda terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.
    • Diafragma, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Kegunaannya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.
    • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya dibenda.
    • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.
Bagian-Bagian Non-Optik
    • Lengan mikroskop, gunanya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.
    • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.
    • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang Anda mau.
    • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sobat mau.
    • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung dengan lambat guna mengatur pusat dari gambaran benda yang sahabat mau.
    • Meja benda, fungsinya sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menjepit preparat agar tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.
  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , ,
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.