Blog

Februari 8, 2019

Peran Bakteri Bagi Kehidupan Manusia

Peran Bakteri Bagi Kehidupan Manusia

Peran Bakteri Bagi Kehidupan Manusia – Dalam kehidupan manusia, kita tidak dapat lepas dari bakteri. Karena peran bakteri sendiri adalah untuk membantu sirkulasi tubuh untuk manusia. Sebenarnya manusia membutukan bakteri yang baik untuk tubuh. Namun tidak juga untuk yang bakteri buruk. Nah, apa saja peran bakteri untuk kehidupan manusia.

 

1. Bakteri menguntungkan

Beberapa Macam Macam Bakteri memiliki peran besar dalam kehidupan manusia maupun keseimbangan ekosistem. Dengan mengetahui peran bakteri yang menguntungkan baik bagi manusia dan lingkungan, kita dapat memaksimalkan perannya dan menjaga keberadaannya di alam.

  • Bidang pertanian

Dalam bidang pertanian terdapat beberapa jenis bakteri yang mampu menambah kesuburan tanah dengan mengikat nitrogen di alam bebas dan mengubahnya menjadi senyawa sederhana yang mudah diserap oleh tumbuhan. Kelompok bakteri yang disebut bakteri nitrogen ini dapat mengikat nitrogen bebas (N2) dan mengubahnya menjadi senyawa amonia (NH4) dan nitrat (NO3) dengan bantuan enzim nitrogenase. Bakteri tersebut antara lain adalah Rhizobium Leguminosarum, Acetobacter choroocum,  dan Clostridium pasteurianum, yang biasanya bersimbiosis dengan kacang-kacangan dan polong-polongan. Bakteri-bakteri tersebut hidup di nodul atau bintil-bintil akar.

Bakteri jenis lain menyuburkan tanaman dengan menyusun senyawa nitrat melalui proses nitritasi dan nitratasi dalam proses nitrifikasi. Bakteri tersebut antara lain adalah bakteri Nitrosomonas dan Nitrosococcus.

  • Bidang kesehatan

Dalam bidang kesehatan terdapat beberapa jenis bakteri yang bermanfaat, di antaranya adalah bakteri yang dapat menghasilkan antibiotik, seperti: Streptomyces venezuelae yang menghasilkan kloromisin, Bacillus brevis yang menghasilkan gramisidin dan Streptomyces griceus yang menghasilkan Streptomisin. Bakteri ini dapat menghambat pertumbuhan organisme yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Di kolon dan usus besar manusia juga terdapat bakteri-bakteri yang membantu memperlancar sistem pencernaan pada manusia dalam penyerapan makanan. Bakteri usus juga terdapat pada beberapa produk makanan seperti yoghurt, kefir, mentega, terasi, dan lain-lain.

  • Bidang produksi makanan dan minuman

Bakteri yang dibutuhkan dalam produksi makanan dan minuman di antaranya adalah S. lactis dan S. cremoris untuk produksi keju dan mentega serta Lactobacillus casei yang dibutuhkan dalam proses pembuatan keju dan minuman nata de coco.

  • Bidang biologi

Beberapa jenis bakteri sangat dibutuhkan dalam rantai makanan dalam proses penguraian. Jenis bakteri saprofit yang bertugas membersihkan bumi ini, mengurai organisme yang sudah mati dan sisa-sisa kotoran yang dihasilkan oleh organisme hidup. Bakteri ini mampu mengurai protein, karbohidrat serta senyawa organik lain menjadi CO2 dan gas amoniak dan atau senyawa jenis lain yang memiliki struktur lebih sederhana.  Beberapa jenis bakteri tersebut di antaranya adalah Acetobacter sp yang dapat menghasilkan asam cuka serta asam asetat, Propioni bacterium yang dapat menghasilkan asam propionat, serta Clostridium butricum yang dapat menghasilkan asam butirat.

Selain itu, bakteri juga berperan dalam pembuatan biogas, rekayasa genetika, pengolahan limbah, dan sebagainya.

2. Bakteri Merugikan

Beberapa jenis bakteri dapat merugikan bahkan membahayakan manusia. Dengan mengetahui macam bakteri tersebut dan akibat yang bisa ditimbulkan, kita dapat menghambat perkembangannya dan mengatasi akibat yang ditimbulkannya dengan tepat. Bakteri-bakteri merugikan ini dapat membawa dampak ringan hingga berat pada manusia, sehingga menuntut manusia untuk lebih waspada.

  • Menyebabkan penyakit pada manusia

Beberapa bakteri dapat menyebabkan penyakit, dari penyakit ringan hingga berat. Beberapa bakteri tersebut adalah Salmonella typhosa (penyebab tifus), Neisseria meningitidis (penyebab meningitis), Neisseria gonorrhoeae (penyabab kencing nanah), Mycobocterium leprae (penyebab kusta), Shigella dysenteriae (penyebab disentri), Mycobacterium tuberculosis (penyebab tuberkulosis).

  • Menyebabkan penyakit pada tanaman dan hewan

Bakteri patogen pada tanaman di antaranya adalah Ralstonia solanacearu, penyebab layu pada tanaman tomat, Erwinia carotovora, penyebab busuk-busuk lunak pada anggrek, Xanthomonas oryzae pv. oryzae, penyebab penyakit hawar daun pada padi, dan lain-lain.

Pada hewan, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit misalnya adalah Brucella abortus, yang menyebabkan brucellosis (keguguran yang menular) pada sapi, dan Bacillus anthracis, yang menyebabkan penyakit antraks.

  • Merusak kualitas makanan dan minuman

Beberapa jenis bakteri patogen terdapat dalam makanan dan minuman yang menyebabkan rusaknya kualitas makanan dan minuman. Bakter-bakteri ini melakukan proses metabolisme beberapa komponen penyusun dalam makanan dan minuman dan menghasilkan metabolit yang bersifat racun. Beberapa contoh bakteri perusak makanan adalah Clostridium botulinum, yang seringkali terdapat pada makanan kalengan dan menghasilkan racun botulinin, Burkholderia gladioli, terdapat pada tempe bongkrek dan menghasilkan asam bongkrek, serta Leuconostoc mesenteroids, yang menyebabkan berlendirnya makanan, menurunnya pH dan terbentunya gas.

  • Menyebabkan terjadinya hujan asam dan rusaknya ozon

Hujan asam dan rusaknya ozon disebabkan oleh senyawa dinitrogen oksida (N2O). Di sisi lain, senyawa ini sebenarnya juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup organisme lain. Bakteri yang memproduksi N2O adalah bakteri Pseudomonas aeruginosa, Pseudomonas stutzeri, dan Paracoccus denitrificans melalui proses denitrifikasi. Proses denitrifikasi adalah proses reduksi anaerobik yang mengubah senyawa nitrat menjadi nitrogen bebas (N2).

Dengan banyaknya Macam Macam Bakteri yang ada di bumi berikut sifat, karakteristik dan perannya membuat manusia harus lebih memahami bakteri sehingga dapat memberikan perlakuan yang tepat dan tidak berlebihan. Perlakuan yang berlebihan akan menyebabkan bakteri baik tidak dapat menjalankan perannya dengan sempurna. Perlakuan yang tidak tepat justru akan membuat bakteri jahat semakin banyak dalam kualitas dan semakin kuat, sehingga tentunya dapat merugikan manusia itu sendiri.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , ,
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.