Blog

November 29, 2018

Pengertian dan Ciri Ciri Asam

PENGERTIAN DAN CIRI CIRI ASAM

Pengertian dan Ciri Ciri Asam – Pernahkah kalian mendengar istilah senyawa asam basa? Kali ini kami akan membagi ilmu mengenai teori asam basa. Yuk kita ulas dari satu persatu, yang pertama kita bahas apa sih teori senyawa basa?

Pengertian Asam

Kata asam sendiri ternyata berasal dari bahasa latin. Dalam bahasa latin asam berasal dari kata “acidus” yang memiliki arti “masam”. Tetapi dalam pandangan kimia, asam dapat dapat didefenisikan sebagai suatu senyawa yang menghasilkan ion hidrogen ketika terlarut dalam pelarut. Umumnya pelarut yang digunakan adalah air (H2O).

Senyawa asam ini sering kita temukan dalam konteks kehidupan sehari-hari seperti pada makanan dan minuman. Namun senyawa asam juga dapat ditemukan dalam organ tubuh kita yaitu dalam lambung. Jenis asam yang terdapat pada lambung adalah asam klorida yang berfungsi untuk membunuh kuman di lambung serta membantu pencernaan makanan.

Sifat dan ciri-ciri Asam

Sifat dan ciri-ciri asam adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki rasa yang asam

Sifat yang paling mencirikan asam adalah terasa asam jika dirasakan indra pengecap. Contohnya: Cuka \merupakan salah satu asam yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari – hari. Dalam ilmu kimia, cuka dikenal dengan nama asam asetat (asam etanoat).

  1. Dapat Mengubah Warna Indikator

Selain rasa asam yang dimilikinya, sifat lain dari asam yaitu dapat mengubah warna beberapa zat alami dan zat buatan. Sifat yang dapat merubah warna zat ini yang dimanfaatkan dalam ilmu kimia untuk melihat suatu senyawa bersifat asam ataukah bersifat basa. Dalam ilmu kimia sifat asam dilihat dari senyawa-senyawa kimia yang diduga memiliki sifat asam. Sifat asam didentifikasi dengan menggunakan indikator. Indikator yang paling sering digunakan adalah kertas lakmus. Jika suatu senyawa memiliki sifat asam maka kertas lakmus biru akan menjadi merah, sedangkan kertas lakmus merah akan tetap berwarna merah.

  1. Dapat Menghantarkan Arus Listrik

Asam dapat menghantarkan arus listrik. Hal itu dikarenakan asam dapat melepaskan ion – ion dalam larutannya. Asam kuat merupakan elektrolit yang baik. Semakin kuat suatu asam, akan semakin baik pula daya hantar listriknya (memiliki sifat elektrolit yang baik). Contohnya adalah asam sulfat yang terdapat pada aki mobil.

  1. Asam yang Bereaksi dengan Logam Menghasilkan Gas Hidrogen

Senyawa asam direaksikan atau bereaksi dengan beberapa jenis logam menghasilkan gas hidrogen. Beberapa contoh logam yang jika direaksikan dengan asam akan menghasil gas hidrogen yaitu: Logam magnesium, besi, tembaga dan seng. Akan tetapi hasil reaksi keduanya bukanlah gas hidrogen saja melainkan juga mengandung senyawa garam.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart