Blog

Januari 17, 2019

Pembiakan Bakteri

Pembiakan Bakteri

Pembiakan Bakteri – Pembiakan bakteri dilakukan untuk tujuan penelitian, mempelajari sifat dan aktivitas bakteri spesies tertentu, atau untuk persediaan. Hasil dari pembiakan satu spesies bakteri dalam suatu medium disebut dengan biakan murni.

Pembiakan dapat dilakukan dalam medium cair ( misalkan kaldu rebusan daging), medium padat ( misalkan kentang), atau medium kental ( misalkan agar agar yang di campur gelatin, gelatin di peroleh dari rebusan tulang).

Sebelum pembiakan dilakukan, alat dan wadah harus disterilisasi untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme lain yang tidak diinginkan. Alat berupa kawat tusuk untuk memindahkan bakteri, harus dipanaskan dalam api. Setelah bibit bakteri ditanam wadah ditutup dengan rapat hingga tumbuh koloni koloni bakteri. Berbagai jenis bakteri menunjukan koloni dengan bentuk, warna, tekstur permukaan, ukuran dan kepekatan yang berbeda beda. Pembiakan bakteri juga dapat dimanfaat kan untuk rekayasa genetika bioteknologi.

  1. Pembenihan pada medium cair
  • Pepton 1,0 gr
  • NaCl 0,5 gr
  • Aquadest ad 100cc

Pepton adalah hasil pemecahan protein sehingga bakteri sudah dipermudah, pepton oleh bakteri akan diuraikan menjadi asam amino, kemudian diserap untuk digunakan sebagai sumber energi dan membangun sitoplasma. NaCl diperlukan untuk memberikan tekanan osmotik tertentu. Bila pembenihan dibuat tanpa NaCl ataupun dengan NaCl berkadar tinggi, pertumbuhan bakteri akan berkurang sampai terhenti. Air digunakan untuk semua reaksu dalam makhluk hidup.

  1. Kaldu (Bulyon)

Susunan nya sama dengan pepton, hanya aquadest nya yang diganti dengan kaldu. Kaldu banyak mengandung protein dan mineral yang diperlukan bagi kehidupan bakteri. Kaldu ini dibuat dari daging sapi atau kerbau. Dari 1kg sapi tanpa lemak dibuat 2 liter kaldu.

b.Pembenihan Padat

dengan pembenihan padat di dapat beberapa keuntungan antara lain :

  • Dapat membuat biakan murni
  • Dapat melihat bentuk koloni dari setiap jenis bakteri
  1. Bulyon agar (lempeng agar)

susannya sama dengan bulyon cair hanya ditambah dengan 2% agar-agar. Pembenihan ini ketika panas (masih cair) dituangkan kedalam tabung reaksi atau cawan petri. Bila sudah dingin akan menjadi padat. Koloni dari setiap bakteri memiliki berbagai bentuk yang tetap, sehingga hanya dengan melihat bentuk nya dapat mengetahui bakteri apa yang kita ketahui.

  1. pembenihan levithal

pembenihan levithal ini susunanya sama dengan lempeng agar darah, hanya sebelum dituangkan kedalam cawan petri dipanaskan dahulu dengan suhu 90oC, maksudnya adalah :

  • Menghilangkan semua faktor yang ada didalam darah yang mempunyai daya pertumbuhan bakteri
  • Mengeluarkan zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bakteri yang dikeluarkan dari darah, yaitu X faktor dari V faktor
  • o X faktor terdiri atas haemin yang penting untuk pembentukan enzim katalase yang sangat dibutuhkan bakteri untuk hidup secara aerob, sifat nya thermostabil (tidak rusak pada pemanas 100C)
  • o V faktor terdiri atas nikotin, amida, adenin, difosfat bersifat thermolabi (rusak pada pemanasan 100C)

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , ,
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.