Blog

Oktober 26, 2018

Mengenal Sejarah Mikroskop

MENGENAL SEJARAH MIKROSKOP

Mengenal Sejarah Mikroskop – Pernahkah Anda menggunakan alat mikroskop? Pasti bagi Anda yang menyelesaikan pendidikannya di dunia kedokteran atau semacamnya pasti pernah menggunakannya bukan? Lantas apakah Anda paham dan mengerti bagaimana sejarah dari mikroskop? Jika belum paham, yuk simak ulasan berikut ini yang membahas sejarah mikroskop.

Sejarah Penemuan Mikroskop

Sejarah Penemuan Mikroskop

Mikroskop yang telah kita gunakan di saat sekarang ini sudah mengalami perubahan yang sangat singnifikan. Sebagaiman telah kita ketahui bersama bahwa pada umumnya mikroskop sendiri terbagi menjadi menjadi dua yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.

Mikroskop adalah salah satu jenis alat optik yang fungsinya untuk melihat sekumpulan benda yang memiliki ukuran yang sangat kecil.

Mikroskop ditemukan pertaman kali oleh Zacharies Jansen pada tahun 1590. Di zamannya, teknologi yang canggih ini sangat bermanfaat  sebab dapat melihat benda dengan ukuran yang sangat kecil.

Namun seiring perkembangan teknologi, pada tahun 1665, ilmuwan bekebangsaan inggris bernama Robert Hooke berhasil merancang mikroskop yang memiliki sumber cahaya sendiri. Mikroskop buatannya ini mampu melihat benda dengan perbesaran hingga 30 kali.

Dengan adanya mikroskop buatan Robert Hooke ini maka dia dapat menyelediki dan menemukan sel pada kayu gabus.

Tiga tahun setelahnya yaitu 1668 ilmuwan dari Belanda bernama Antonie Van Leeuwenhoek berhasil mengembangkan mikroskop dengan lensa tunggal yang memiliki perbesan 270 kali lebih besar dari ukuran asalnya.

Akibat dari penemuannya ini, dunia kedokteran sangat dibantu sekali yaitu dapat mengamati sel darah merah (eritrosit), ekstrak ragi, bakteri dan makhluk hidup kecil seperti protozoa. Dan karena penemuannya ini hingga akhirnya dia dinobatkan sebagai orang yang pertama menemukan bakteri.

Seiirng dengan penemuan mikroskop yang semakin berkembang dan begitu juga dengan ilmu pengetahuan yang semakin pesat. Maka semakin banyaknya berbagai penemuan tentang jenis benda-benda yang kecil.

Salah satunya adalah basil (Microbacterium tuberculosis). Tahukah kamu basil jenis apa? Ya, ini merupakan virus yang menyebabkan penyakit TBC. Yang mana jenis virus ini ditemukan oleh ilmuwan berkebangsaan jerman bernama Robert Koch.

Penemuan-penemuan yang serupa terus berlanjut dan begitu juga dengan perkembangan mikroskop. Mikroskop modern yang paling banyak digunakan sampai sekarang ini adalah mikroskop cahaya.

Perlu diketahui mikroskop cahaya mampu melakukan perbesaran suatu objek hingga 1000 kali lipat. Nah, semakin berkemabang teknologi dalam bidang optik, mikroskop pun demikian mengalami perkembangan yang pesat.

Sehingga pada tahun 1933, seorang yang bernama Ernst Ruska berhasil membuat mikroskop elektron. Mikroskop ini prinsip kerjanya yaitu menggunaka elektron untuk melihat struktur dari benda-benda yang kecil.

Istilah untuk mikroskop jenis ini adalah TEM (Tranmision electron Microscope). Perbesaran yang dapat dilakukan mikroskop ini adalah mencapai 500.000. Perkembangan mikroskop terus berlanjut bingga pada tahun 1965 terciplah jenis mikrokop elektron dengan nama SEM (Scanning Electron Microscope).

Cara kerja SEM yaitu menggunakan prinsip pancaran elektron yang telah dilapisi oleh logam mulia. Logam mulia ini fungsinya sebagai pencegah agar tidak masuknya elektron ke bagian dalam sel.

Kemudian pada tahun 1981 diciptakan lagi teknologi baru dengan sebutan STM (Scanning Tunneling Microscope). Dalam biang ilmu biologi, kegunaan STM sangat berpengaruh sekali sebab dapat melihat satu per satu molekul yang terdapat pada lapisan sel.

Begitu pesatnya perkembangan mikroskop yang dimulai dari jenis cahaya sampai elektron tidak serta merta meninggalkan begitu saja mikroskop cahaya. Karena setiap jenis mikroskop punya keunggulan masing-masing.

Seperti halnya mikroskop cahaya dapat digunakan untuk mengamati sel yang hidup. Sedangkan mikroskop elektron hanya dapat melihat sel yang sudah mati yang mana telah dihilangkan cairannya.

Artikel , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.