Blog

Januari 21, 2019

Mengenal Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

servis mikroskop jogjaMENGENAL CACING TANAH LUMBRICUS RUBELLUS

Servis Mikroskop Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita sedikit banyak membahas mengenai cacing tanah lumbricus rubellus. Nah pada kesempatan kali ini mari kita membahas cacing tanah ini lebih dalam. Baca juga : Khasiat dan Kandungan Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

Dewasa ini Beternak Cacing Tanah mulai naik daun lagi dan bisa di bilang menjadi trend dan kebutuhan para hobiis burung dan mancing mania, padahal dahulu hanya di gunakan sebagai bahan baku jamu Typus dan kosmetik saja kini sudah mulai merambah ke dunia hobi, baik sebagai hobi dan sekaligus bisnis budidaya cacing tanah yang menjanjikan.
Limabelas tahun yang lalu saya mengenal Cacing Lumbricus Rubellus ini, bukan rahasia lagi Cacing tanah termasuk hewan tingkat rendah karena tidak mempunyai tulang belakang (invertebrata). Cacing tanah juga termasuk kelas Oligochaeta. Famili terpenting dari kelas ini Megascilicidae dan Lumbricidae Cacing tanah bukanlah hewan yang asing bagi masyarakat kita, terutama bagi masyarakat pedesaan. Namun hewan ini mempunyai potensi yang sangat menakjubkan bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia di muka bumi ini. Baca juga : Servis Mikroskop di Jogja

Berikut ini Jenis Cacing tanah yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia adalah Cacing Lumbricus Rubellus, Cacing Africa, Cacing Biru ( Perionyx ) dan Cacing Tiger ( Eisenia Fetida) Keempat jenis cacing tanah ini pada umumnya memiliki ciri-ciri yg sama yaitu :

  • Cacing tidak memiliki tulang belakang atau avertebrata. Makanya sering disebut binatang lunak.
  • Cacing tanah terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan (anterior) dan bagian belakang (posterior), Dibagian depan ada mulut dan klitelum, dibagian belakang ada anus/ dubur.
  • Cacing tidak memiliki kerangka luar, karena seluruh tubuhnya dilindungi oleh kutikula (kulit bagian luar).
  • Cacing tidak memiliki alat gerak.
  • Cacing tidak memiliki mata. Sebagai pengganti mata, cacing mempunyai prostomium, yaitu organ syaraf perasa yang berbentuk seperti bibir yang menutupi mulutnya.
  • Untuk dapat bergerak cacing menggunakan otot-otot tubuhnya yang panjang dan tebal yang melingkari tubuhnya.
Lendir ditubuhnya memudahkan dia bergerak dalam tanah. Ditubuhnya terdapat yang sebut seta, seta adalah sejenis rambut yang relatif keras dan pendek, seta menempel pada tubuh cacing dan seta mempunyai daya lekat yang kuat, sehingga cacing dapat melekat kuat pada satu benda. Cacing tidak memiliki alat pernapasan, untuk bernapas dia mengandalkan kulitnya. Cacing tanah bereaksi negatif terhadap sinar matahari atau sinar lainnya. Cacing mempunyai klitelum, yang berguna untuk perkembangbiakannya. Masa hidupnya sekitar 1 – 5 tahun.
JASA SERVIS MIKROSKOP | SERVIS MIKROSKOP JOGJA | JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com
Artikel , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart