Blog

Maret 1, 2019

Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

servis mikroskop jogjaLARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Servis Mikroskop Jogja – Pernahkah Anda mendengar istilah larutan elektrolit dan non elektrolit? Sebenarnya apa sih perbedaan antara kedua larutan ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Larutan Elektrolit

Larutan merupakan suatu antar zat penyusunan yang tidak memiliki bidang batas serta bersifat homogen di semua bagian campuran. Komponen larutan ialah pelarut dan zar terlarut. Elektrilit ialah zat yang saat dilarutkan didalam air akan mendapatkan larutan yang bisa menghasilkan arus listrik.

Pengertian Non elektrolit

Nonelektrolit merupakan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik saat dilarutkan didalam air. Semakin banyak jumlah ion, maka akan semakin kuat daya hantarnya. Dan sedangkan larutan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik disebabkan oleh zat-zat itu tetap berwujud dalam molekul netral yang tidak bisa bermuatan.

contoh-larutan-elektrolit-dan-definisinya
contoh-larutan-elektrolit-dan-definisinya

Berdasarkan daya hantarnya larutan elektrolit terbagi menjadi dua, yaitu elektrolit yang kuat dengan daya hantar yang besar. Misalnya dalam larutan asam kuat, basa kuat serta garam. yang kedua elektrolit lemah, yakni sebuah larutan dengan daya hantar yang lemah.

Senyawa Pembentuk Larutan Elektrolit

Senyawa yang didalam larutannya bisa menghantar arus listrik berupa senyawa ion serta senyawa kovalen polar, sebab senyawa-senyawa tersebut bisa terionisasi waktu dilarutkan didalan air.

Senyawa ion

Senyawa ion mempunyai susunan dari berberapa ion yang memiliki bentuk padat serta kering. Ion-ion penyusun senyawa ion dalam pelarutnya akan bergerak bebas sehingga larutan ion bisa menghantarkan arus listrik. Senyawa ion yang bernntuk kristal, ion-ion-nya tidak bisa bergerak bebas sehingga tidak bisa menghantarkan arus listrik. Sebagai contoh NaCl, KCl, NaOH dan KOH.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Ekosistem Air Laut Serta Zona Pembagiannya

Senyawa Kovalen Polar

Senyawa kovalen polar jika dilarutkan didalam air, maka akan terurai berubah menjadi ion-ion. Hal ini dikarenakan oleh ikatan kovalen pada senyawa tersebut mudah putus didalam pelarut ait serta menghasilkan ion-ion. Sabagai contoh asam klorida (HCl), Amonia (NH3).

Cara Larutan Elektrolit Menghantarkan Arus listrik

Larutan elektrolit ada pada ion-ion yang memiliki perbedaan muatan serta bergerak bebas. Jika arus listrik dihubungkan, kation bergerak menuju kotade serta anion bergerak menuju anode sehingga arus listrik dapat mengalir dalam sebuah sistem.

Contoh non elektrolit

Dibawah ini ialah termasuk yang merupakan larutan non elektrolit yakni:

  • Larutan sukrosa
  • Larutan alkohol
  • Larutan glukosa
  • Larutan urea

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.