Blog

April 5, 2019

Kelainan Pada Mata Manusia

servis mikroskop jogjaKELAINAN PADA MATA MANUSIA

Servis Mikroskop Jogja – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang bagian dari mata kita (Baca juga : Bagian-Bagian Mata Manusia). Dari artikel tersebut dapat kita simpulkan banyak bagian-bagian mata yang memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Lantas bagaimana jika salah satunya tidak berfungsi dengan sempurna? Maka akan terjadi kelainan pada mata bukan? Berikut adalah beberapa kelainan yang mungkin terjadi pada mata kita.

Macam-Macam Kelainan Pada Mata

Berikut ini adalah beberapa kelainan mata secara umum yang sering menyerang pada mata manusia.

Rabun jauh

Rabun jauh atau miopi adalah kondisi di mana kita mampu melihat benda yang dekat dengan mata secara jelas, namun benda yang jauh akan tampak samar atau kabur. Riwayat keluarga dengan rabun jauh dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami kelainan ini. Jika bukan karena genetik, diabetes bisa menjadi faktor penyebab lain. Rabun jauh dapat diatasi dengan penggunaan kacamata, lensa kontak, atau operasi laser mata.

Rabun dekat

Berkebalikan dengan rabun jauh, Anda dikatakan mengalami rabun dekat atau hiperopia jika dapat melihat benda di kejauhan dengan normal, tapi benda yang dekat terlihat samar. Bola mata yang lebih pendek dari normal serta kornea yang datar dapat menjadi penyebabnya. Anda lebih berisiko mengidap gangguan ini jika orang tua Anda telah lebih dulu mengalaminya.

Astigmatisme

Astigmatisme merupakan kelainan mata yang disebabkan oleh kelengkungan kornea atau lensa yang tidak rata. Kondisi ini mengakibatkan perubahan jatuhnya cahaya pada retina, sehingga menyebabkan penglihatan menjadi samar atau berbayang. Kelainan mata ini sering kali bersifat keturunan.

Rabun senja

Rabun senja adalah kelainan mata yang terjadi saat seseorang tidak bisa melihat di tempat dengan pencahayaan buruk, tempat gelap, ataupun di malam hari. Katarak, kekurangan vitamin A, dan rabun dekat adalah beberapa contoh penyebab rabun senja yang masih dapat diatasi oleh dokter. Namun hingga saat ini, masih belum ada penyembuhan untuk kasus rabun senja yang dialami sejak lahir.

Buta warna

Anda dinyatakan mengalami kelainan mata ini jika tidak dapat melihat beberapa warna tertentu atau tidak mampu membedakan satu warna dengan warna yang lain (biasanya merah dan hijau). Buta warna terjadi apabila sel kerucut (sel warna) dalam mata tidak bekerja secara normal. Meski umumnya merupakan kelainan mata yang diderita sejak lahir, kondisi ini bisa jadi baru berkembang di usia dewasa, seperti akibat pengaruh konsumsi obat-obatan atau dampak penyakit tertentu.

Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit gangguan pada saraf penglihatan akibat peningkatan tekanan cairan mata. Peningkatan tekanan ini diduga disebabkan oleh beberapa hal antara lain tekanan darah tinggi, adanya sumbatan di saluran air mata, atau penggunaan obat-obat jenis kortikosteroid. Kondisi ini harus diwaspadai karena umumnya pengidapnya tidak mengalami gejala-gejala awal yang berarti.

Konjungtivitis

Kelainan mata yang juga disebut pink-eye ini adalah peradangan pada konjungtiva, yaitu selaput tipis yang melapisi bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Kondisi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, alergi, hingga paparan asap rokok, debu, atau sampo. Konjungtivitis pada orang dewasa umumnya tidak berbahaya selama bisa ditangani secepatnya, tetapi bisa membahayakan kualitas penglihatan jika terjadi pada bayi baru lahir.

Katarak

Katarak adalah kelainan mata dengan jenis berbeda-beda yang umumnya dialami lansia berusia 60 tahun ke atas. Kondisi ini terjadi saat terdapat penumpukan protein pada lensa mata sehingga menjadikan penglihatan samar.Tumpukan protein ini dapat terjadi akibat proses penuaan, diabetes, paparan sinar ultraviolet atau radiasi, obat-obatan seperti kortikosteroid dan diuretik, atau bisa juga bawaan dari lahir. Operasi merupakan pilihan terapi bagi pasien katarak.

Mata adalah kunci dari kelancaran kita menjalani aktivitas sehari-hari, maka harus dijaga baik-baik kesehatannya. Tidak ada salahnya untuk menjalani pemeriksaan ke dokter mata secara berkala sebagai langkah antisipasi. Dengan begitu, Anda dapat tetap menikmati hidup dengan penglihatan yang berkualitas tanpa rasa cemas.

Terima kasih telah mengunjungi website kami Servis Mikroskop Jogja. Sukses selalu dan semoga bermanfaat 🙂

JASA SERVIS MIKROSKOP | SERVIS MIKROSKOP JOGJA | JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.