Blog

Januari 23, 2019

Faktor-Faktor Resiko Meningitis

servis mikroskop jogjaFAKTOR-FAKTOR RESIKO MENINGITIS

Servis Mikroskop Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai pengertian dari meningitis. Pada kesempatan artikel kali ini mari kita lebih mengenal meningitis lebih dalam, faktor resiko apa saja dari virus ini dan juga bagaimana sih cara pengobatannya?

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk meningitis virus?

Ada banyak faktor risiko untuk meningitis virus, yaitu:

Tidak divaksinasi: Risiko meningkat pada orang yang tidak mendapatkan vaksinasi anak atau dewasa yang direkomendasikan.

Usia: Kebanyakan kasus dari meningitis virus terjadi pada anak-anak di bawah 5 tahun. Bakterial meningitis umum terjadi pada orang di bawah 20 tahun.

Tinggal di situasi komunitas: Pelajar yang tinggal di asrama, petugas di pangkalan militer dan anak-anak di tempat penitipan anak berada dalam risiko yang lebih tinggi terhadap emningococcal meningitis. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh bakteri yang menyebar pada rute pernapasan, dan menyebar dengan cepat dalam perkumpulan besar.

Kehamilan: Kehamilan meningkatkan risiko listeriosis – infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria, yang juga dapat menyebabkan meningitis. Listeriosis meningkatkan risiko keguguran, stillbirth dan kelahiran prematur.

Sistem imun yang rentan: AIDS, alkoholisme, diabetes, penggunaan obat imunosupresan dan faktor lainnya yang mempengaruhi sistem imun juga dapat membuat Anda rentan terhadap meningitis. Pengangkatan limpa juga dapat meningkatkan risiko, dan pasien tanpa limpa harus divaksin untuk meminimalisir risiko.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana meningitis virus didiagnosis?

Diagnosis meningitis diawali dengan pemeriksaan fisik dan sejarah kesehatan. Usia, absen untuk asrama dan penitipan anak dapat menjadi petunjuk yang penting. Selama pemeriksaan fisik, dokter dapat melihat:

  • Demam
  • Meningkatnya detak jantung
  • Leher kaku
  • Berkurangnya kesadaran.

Dokter juga dapat melakukan lumbar punctur atau spinal tap, dimana dokter dapat melihat peningkatan tekanan pada sistem saraf pusat. Prosedur ini juga dapat melihat adanya peradangan atau bakteri pada cairan tulang belakang. Tes ini juga dapat membantu menentukan antibiotik yang paling tepat untuk pengobatan. Baca juga : Servis Mikroskop di Jogja

Tes lainnya juga dapat dilakukan untuk mendiagnosis meningitis, seperti:

Kultur darah mengidentifikasi bakteri pada darah. Bakteri dapat berpindah dari darah ke otak. N. meningitidis dan S. pneumoniae dapat menyebabkan sepsis dan meningitis.

Penghitungan darah komplit adalah indeks umum terhadap kesehatan, serta memeriksa jumlah sel darah merah dan putih pada darah. Sel darah putih melawan infeksi. Jumlah biasanya meningkat pada kasus meningitis.

X-ray dada dapat menunjukkan adanya pneumonia, tuberculosis atau infeksi jamur. Meningitis dapat terjadi setelah pneumonia.

CT scan pada kepala dapat menunjukkan masalah seperti abses otak atau sinusitis. Bakteri dapat menyebar dari sinus ke meninges.

Apa saja pengobatan untuk meningitis virus?

Meningitis virus tidak diobati dan biasanya membaik dengan sendirinya. Gejala semustinya akan menghilang dalam 2 minggu. Tidak ada masalah serius berjangka panjang yang terkait dengan meningitis virus. Pada kasus yang ringan, Anda mungkin hanya memerlukan perawatan rumahan, seperti obat-obatan untuk demam dan rasa sakit, serta minum cukup cairan untuk tetap terhidrasi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi meningitis virus?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi meningitis virus:

Menjaga gaya hidup yang sehat, terutama apabila Anda berisiko tinggi, sangatlah penting, seperti:

  • Mendapatkan istirahat yang cukup
  • Tidak merokok
  • Menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit
  • Vaksinasi juga dapat melindungi dari beberapa jenis meningitis. Vaksin yang dapat mencegah meningitis meliputi:
    • Haemophilus influenzae type B (Hib) vaccine
    • Pneumococcal conjugate vaccine
    • Meningococcal vaccine

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Terima kasih telah mengunjungi website kami Servis Mikroskop Jogja. Sukses selalu dan semoga bermanfaat 🙂

JASA SERVIS MIKROSKOP | SERVIS MIKROSKOP JOGJA | JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.