Blog

April 5, 2019

Cara Membersihkan Tempat Kerja Laboratorium

servis mikroskop jogjaCARA MEMBERSIHKAN TEMPAT KERJA LABORATORIUM

Servis Mikroskop Jogja – Setelah kita menggunkana tempat kerja pada laboratorium, jangan lupa untuk membereskan alat-alat dan membersihkan segala sesuatu yang sudah digunakan yaa. Hal ini bertujuan agar terjaganya kebersihan laboratorium kita. Nah berikut adalah beberapa tips praktis membersihkan laboratorium Anda dengan cepat dan bersih!

Cara Menjaga Kebersihan Tempat Kerja Laboratorium

Cara membersihkan alat-alat yang terbuat dari kaca sebenarnya mudah. Ya, meskipun tentu saja tidak semudah mencuci gelas atau piring rumah tangga biasa, tapi tetap sama-sama membutuhkan ketelitian dan juga kesabaran yang ekstra agar tidak pecah. Hal dasar yang perlu diperhatikan ketika mulai mencuci peralatan lab ini adalah mengetahui terlebih dahulu larutan apa yang sebelumnya telah dibuat menggunakan alat tersebut. Misalnya, apabila alat laboratorium yang akan dicuci sebelumnya hanya digunakan untuk membuat larutan sukrosa, natrium klorida ataupun larutan lainnya yang tidak berbahaya, maka cukup dicuci menggunakan air yang mengalir saja. Air yang biasa untuk membersihkan alat-alat ini bernama air deionisasi.

Namun jika alat berbahan kaca yang akan dicuci bekas membuat larutan asam kuat seperti HCL atau lainnya, maka kita harus lebih hati-hati agar tidak terkena tangan secara langsung. Gunakan saja sarung tangan laboratorium ketika mencuci alat tersebut dengan air deionisasi. Hal ini juga berlaku untuk alat kaca yang digunakan untuk membuat larutan basa kuat. Di samping larutan-larutan tersebut, kita mungkin akan menemui peralatan laboratorium yang digunakan untuk membuat larutan yang tidak terlarut oleh air. Beberapa larutan tersebut di antaranya adalah kloroform dan juga heksana. Nah, cara membersihkannya adalah dengan menambahkan zat kimia lainnya seperti aseton dan etanol. Kedua zat tersebut memang sering dipakai untuk membersihkan peralatan laboratorium yang sukar dibersihkan. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap bersih.

Itu tadi merupakan ulasan mengenai bagaimana cara membersihkan peralatan laboratorium dari bahan kaca. Yang terpenting adalah Anda harus selalu berhati-hati dan benar-benar memperhatikan aturan dalam menggunakan alat-alat tersebut.

Terima kasih telah mengunjungi website kami Servis Mikroskop Jogja. Sukses selalu dan semoga bermanfaat 🙂

JASA SERVIS MIKROSKOP | SERVIS MIKROSKOP JOGJA | JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.