Blog

Januari 25, 2019

Begini Cara Membersihkan Gelas Laboratorium

servis mikroskop jogjaBEGINI CARA MEMBESIHKAN GELAS LABORATORIUM

Servis Mikroskop JogjaPeralatan laboratorium yang sering digunakan adalah gelas. Gelas ini biasanya terbuat dari kaca yang digunakan untuk beberapa eksperimen ilmiah atau pekerjaan lain di bidang biologi maupun kimia. Hal yang harus dilakukan setelah melakukan kerja lab adalah membereskan peralatan lab bukan? Salah satunya adalah membersihkan gelas tersebut. Nah begini cara membersihkan gelas laboratorium yang baik dan benar.

Cara Membersihkan Gelas Laboratorium

Penggunaan kaca dalam perlengkapan laboratorium tidak seperti sekarang karena dulu peralatan dari plastik jauh lebih murah dan tahan pecah. Namun, perlengkapan tertentu masih memerlukan kaca karena kaca transparan, tahan panas, dan mudah untuk disesuaikan. Jenis kaca yang digunakan tergantung pada kebutuhan. Kaca borosilikat, yang umum digunakan dalam botol reagen, dapat menahan tegangan termal. Kaca Quartz, yang umum di kuvet, dapat menahan suhu tinggi dan transparan di bagian-bagian tertentu dari spektrum elektromagnetik, dan berbagai macam kaca-kaca yang lain.

Labu Ukur, salah satu peralatan gelas di Lab.

Tapi dalam membersihkan peralatan gelas laboratorium itu, apakah kita sudah tau bagaimana membersihkan peralatan-peralatan gelas yang bermacam-macam itu?

Membersihkan peralatan gelas laboratorium tidak sesederhana seperti mencuci piring. Berikut adalah cara untuk mencuci gelas Anda sehingga Anda tidak akan merusak larutan kimia atau percobaan laboratorium.

Dasar Membersihkan

Umumnya lebih mudah untuk membersihkan gelas jika kita melakukannya segera setelah selesai digunakan. Ketika memakai deterjen, lebih baik memakai deterjen yang biasanya dirancang untuk peralatan gelas lab daripada sabun cuci piring pada umumnya.

Kadang-kadang, deterjen dan air keran tidak diperlukan. Kita dapat membilas gelas dengan pelarut yang tepat, kemudian selesaikan dengan beberapa bilasan dengan air suling dan bukan air keran, diikuti oleh bilasan akhir dengan air deionisasi jika perlu.

Cara Mencuci/Membersihkan Bahan Kimia Laboratorium Biasa

  • Larutan yang larut air
    Untuk larutan yang larut dalam air (misalnya natrium klorida atau larutan sukrosa). Bilas 3-4 kali dengan air deionisasi kemudian simpan peralatan gelas tadi.
  • Larutan yang tidak larut air
    Untuk larutan yang tidak larut air (misalnya, larutan dalam heksana atau kloroform). Bilas 2-3 kali dengan etanol atau aseton, bilas 3-4 kali dengan air deionisasi, lalu simpan. Dalam beberapa situasi pelarut lain perlu digunakan untuk bilasan awal.
  • Asam Kuat
    Asam kuat (misalnya, konsentrat HCl atau H2SO4). Di dalam lemari asam, dengan hati-hati bilas peralatan gelas air keran yang banyak.Lalu bilas 3-4 kali dengan air deionisasi, kemudian simpan peralatan gelas tadi.
  • Basa Kuat
    Untuk basa kuat (misalnya, 6M NaOH atau konsentrat NH4OH). Di bawah lemari asam, dengan hati-hati bilas peralatan gelas dengan air keran yang banyak. Bilas 3-4 kali dengan air deionisasi, lalu simpan peralatan gelas tadi.
  • Asam Lemah
    Asam lemah (misalnya, larutan asam asetat atau pengenceran asam kuat seperti 0,1 M atau 1M HCl atau H2SO4). Bilas 3-4 kali dengan air deionisasi sebelum menyimpannya.
  • Basa Lemah
    Basa lemah (misalnya, 0,1 M dan 1M NaOH atau NH4OH). Bilas bersih dengan air keran untuk menghilangkan dasarnya, kemudian bilas 3-4 kali dengan air deionisasi sebelum menyimpannya.

Terima kasih telah mengunjungi website kami Servis Mikroskop Jogja. Sukses selalu dan semoga bermanfaat 🙂

JASA SERVIS MIKROSKOP | SERVIS MIKROSKOP JOGJA | JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart