Blog

Februari 20, 2019

Bau Badan Akibat Bakteri Unsur dalam Keringat

servis mikroskop jogjaBAU BADAN AKIBAT BAKTERI UNSUR KERINGAT

Servis Mikroskop Jogja – Tahukah Anda, jika keringat tidaklah mengandung bau yang seperti orang-orang katakan. Nah sebenarnya keringat itu tidak bau, hanya saja yang menyebabkan keringat berbau adalah karena adanya beberapa unsur, salah satunya adalah bakteri. Lantas bakteri yang seperti apa dan bagaimanakah prosesnya?

Unsur dalam Keringat yang Memicu Bau Badan

1. Bakteri
Manusia memiliki 2 jenis utama kantung keringat. Pertama Eccrine atau kantung yang memproduksi keringat yang seperti air dan asin dan terdapat sekitar 2 sampai 5 juta kantung eccrine di seluruh tubuh.

Kantung kedua adalah Apocrine yang terletak di ketiak dan selangkangan. Kantung ini tumbuh dan berfungsi setelah masa puber. Kantung Apocrine memproduksi keringat yang lebih kental yang terdiri dari air, protein, lipid, asam lemak, kolesterol, dan garam yang mengandung besi.

Ketika kita berkeringat, bakteri menyebar di kulit. Bakteri seperti Staphylococcus epidermis dan S. aureus memecah keringat dan menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan bau tidak sedap.

2. Protein
Sebagian orang akan mengalami bau badan setelah bekerja berat atau berolahraga. Musababnya, tubuh sedang memproses protein menjadi enegi, dengan membuang nitrogen dan mengubah molekul yang tersisa menjadi glukosa untuk energi. Nitrogen yang terbuang menyatukan diri membenruk amonia yang dikeluarkan melalui urine dan keringat.

3. Androstenon
Selain bakteri, kantung apocrine, kantung eccrine, dan kantung rambut pada ketiak, keringat ketiak juga mengandung androstenone dan steroid lain. Pada manusia, androstenone memproduksi bau yang tidak sedap.

4. Asam lemak
Tidak hanya bau badan, sebagian orang juga mengalami bau kaki. Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat dalam sepatu dan kaus kaki sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Peneliti yang mempelajari bau kaki menemukan tingkat asam lemak yang tinggi pada orang dengan bau kaki.

Asam lemak tersebut adalah asam isovaleric, sebuah rantai asam lemak yang biasanya ada dalam keju dan bir. Selain itu, keringat juga mengandung asam propionic, asam lemak yang menyebabkan bau kuat padacuka.

5. Kulit
Apa yang ada di permukaan kulit juga bertanggung jawab atas aroma yang keluar dari tubuh. Terdapat 100 macam senyawa organik yang mudah menguap pada kulit manusia, salah satunya adalah benzothiazole, senyawa sulfur yang berbau tidak sedap yang seringkali digunakan sebagai zat adiktif makan. Menurut peneliti aroma, konsentrasi senyawa ini bervariasi seiring bertambahnya usia.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart