Blog

April 25, 2019

Bagaimana Cara Meneliti Sel?

servis mikroskop jogjaBAGAIMANA CARA MENELITI SEL?

Servis Mikroskop Jogja – Apa yang Anda ketahui tentang sel? Sel merupakan sesuatu yang sangat kecil atau biasa kita sebu dengan mikroskopis. Karena sangat kecil ini, kita memerlukan mikroskop untuk meneliti atau mengamati sel. Saat ini telah dikenal beberapa jenis mikroskop dari yang sederhana hingga yang canggih. Jenis-jenis mikroskop tersebut yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.

Macam Macam Mikroskop

Beberapa jenis mikroskop cahaya sebagai cara mengamati sel
Beberapa jenis mikroskop cahaya

a. Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya biasa kita gunakan di laboratorium. Adapun ciri-ciri mikroskop cahaya sebagai berikut.

  1. Mikroskop cahaya biasanya digunakan untuk mengamati morfologi objek yang dilihat.
  2. Mikroskop cahaya menggunakan cahaya sebagai sumber penerangan. Oleh karena itu, diperlukan lensa untuk memperbesar bayangan benda.
  3. Preparat (sediaan) harus tembus cahaya supaya dapat diamati dengan jelas. Oleh karena itu, preparat harus diiris setipis mungkin dengan ketebalan tidak lebih dari 50 mikron. Biasanya menggunakan medium air yang diteteskan ke atas gelas benda.
  4. Objek dapat diamati dalam keadaan hidup atau mati.
  5. Pengamat dapat mengamati langsung melalui lensa okuler sehingga pengamat dapat mengetahui bentuk, warna, dan gerakan objek.
  6. Bayangan dapat diperbesar hingga mencapai 100×, 400×, dan 1.000×.
Anda pernah mempelajari mengenai mikroskop cahaya ketika duduk di kelas
VII SMP. Sekarang cobalah Anda ingat-ingat kembali cara menggunakan
mikroskop cahaya tersebut. Setelah itu, lakukan kegiatan berikut.
Percobaan

Cara Mengamati Sel Gabus

Sediakan mikroskop, gelas benda, gelas penutup, pisau atau silet tajam, pinset, air, dan gabus kering dari batang ketela pohon. Sayatlah gabus setipis mungkin secara melintang. Letakkan di tengah gelas benda dan tetesi dengan air. Tutuplah secara hati-hati dengan gelas penutup. Setelah itu pasanglah sediaan pada meja preparat dan amatilah dengan perbesaran lemah. Gambarlah dan beri keterangan.
Mengamati sel gabus
Mengamati sel gabus
 Pertanyaan:

  • Bagaimana bentuk sel gabus?
  • Dapatkah Anda mengamati sel gabus dengan mikroskop cahaya? Mengapa?
  • Bandingkan gambar Anda dengan gambar di bawah. Apakah ada perbedaan?
  • Apa kesimpulan Anda mengenai mikroskop cahaya?

b. Mikroskop Elektron

Mikroskop elektron seperti terlihat pada Gambar berikut merupakan hasil perkembangan yang lebih maju dari mikroskop cahaya. Adapun ciri-ciri mikroskop elektron sebagai berikut.

  1. Mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai pengganti cahaya dan medan magnet sebagai pengganti lensa. Bayangan ditampilkan di layar monitor.
  2. Biasanya digunakan untuk mengamati bagian-bagian sel, misalnya organel, membran, atau molekul besar seperti DNA.
  3. Tidak dapat digunakan untuk mengamati objek yang masih hidup.
  4. Objek yang akan diamati harus sangat tipis dan berada di ruang hampa udara agar dapat ditembus elektron.
  5. Bayangan yang diperoleh dapat diperbesar hingga mencapai sejuta kali.
Mikroskop elektron
Mikroskop elektron
Mikroskop elektron ada dua macam, yaitu mikroskop elektron skaning (SEM : Scanning Electron Microscope) dan mikroskop elektron transmisi (TEM : Transmission Electron Microscope). Mikroskop elektron skaning digunakan untuk mengamati secara detail permukaan sel, sedangkan mikroskop elektron transmisi digunakan untuk mengamati struktur internal sel. Perhatikan hasil pengamatan suatu objek menggunakan tiga jenis mikroskop yang berbeda pada Gambar berikut.
Hasil pengamatan sel darah merah
Hasil pengamatan sel darah merah
Bio Info

Bagaimana Cara Mengamati Sel Agar Dapat Diamati dengan Jelas?

Gambaran sebuah sel beserta bagian-bagiannya pada awalnya memang sukar diperoleh. Namun, dengan semakin berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi gambaran sel mudah diperoleh. Diperlukan sayatan sel yang tipis untuk mendapatkan gambaran sel secara rinci. Demikian pula dengan cara pewarnaan yang benar dan alat optik yang memadai. Tiap-tiap spesimen jaringan diwarnai kemudian dipotong menggunakan alat khusus, yaitu mikrotom. Dari hasil pemotongan ini akan didapatkan selapis jaringan sangat tipis. Irisan ini kemudian dipasang pada film negatif. Hasil irisan mikrotom berupa preparat dengan ketebalan satu sel. Oleh karena itu, hampir semua detail sel dapat diamati pada saat yang sama.
Di depan, Anda telah melakukan kegiatan mengamati sel gabus dengan mikroskop cahaya. Bagaimana bentuk sebuah sel jika diamati dengan mikroskop elektron? Telah disebutkan di depan bahwa mikroskop elektron mempunyai daya perbesaran yang lebih besar daripada mikroskop cahaya, yaitu dengan perbesaran maksimum 1.000.000 kali. Sekarang, lakukanlah kegiatan berikut untuk membandingkan hasil pengamatan sel-sel daun menggunakan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.
Percobaan

Membandingkan Hasil Pengamatan Sel DaunMenggunakan Mikroskop Cahaya danMikroskop Elektron

Sediakan mikroskop, gelas benda, gelas penutup, pisau atau silet tajam, pinset, air, dan daun yang ada di sekitar Anda. Sayatlah daun tersebut setipis mungkin secara melintang. Letakkan sayatan tersebut di tengah gelas benda dan tetesi dengan air. Tutuplah secara hati-hati dengan gelas penutup.
Setelah itu pasanglah sediaan pada meja preparat dan amatilah. Mulailah dari perbesaran lemah terlebih dahulu. Gambarlah dan beri keterangan. Bandingkan hasil pengamatan Anda dengan gambar sel daun hasil pengamatan yang menggunakan mikroskop elektron (perhatikan gambar di bawah).
Pertanyaan:
  1. Bagaimana bentuk sel daun yang Anda amati dengan mikroskop cahaya? Bagian-bagian apa saja yang bisa Anda amati?
  2. Bandingkan hasil pengamatan Anda dengan gambar sel daun yang diamati dengan mikroskop elektron di depan. Apakah sel daun yang Anda amati sama dengan gambar tersebut? Manakah yang lebih jelas? Mengapa demikian?
  3. Apa kesimpulan Anda mengenai mikroskop cahaya dan mikroskop elektron?
Tahukah Anda, bahwa sel yang telah Anda amati terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Ukuran sel yang sesungguhnya jauh lebih kecil daripada yang tampak di mikroskop. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang mikrometri untuk mengetahui ukuran sel yang sebenarnya. Mikrometri merupakan pengukuran preparat di bawah mikroskop untuk mengetahui ukuran (tebal atau panjang) sel atau bagian sel yang diamati. Sekaran Anda sudah mengetahui cara mengamati sel. Apakah Anda sudah mengetahui bagian-bagian sel itu? Nah, pada postingan berikutnya Anda akan mempelajari struktur dan fungsi bagian-bagian sel.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.