Blog

Januari 2, 2019

Bagaimana Bakteri Menyebar?

Bagaimana Bakteri Menyebar?

Bagaimana Bakteri Menyebar? – Bakteri adalah salah satu organisme kecil yang bersel satu. Organisme kecil ini merupakan populasi dengan terbanyak di bumi. Populasi bakteri tidak terlihat kasat mata, karena bentuknya yang sangat kecil. Bakteri hidup di tanah, air, udara, hingga dalam tubuh manusia atau hewan.

Kebanyakan bakteri tidak berbahaya, bahkan bermanfaat untuk kesehatan. Intip saja koloni bakteri dalam usus dan vagina wanita, yang bertugas menjaga fungsi kedua organ tubuh tersebut tetap berjalan optimal. Namun di luar itu, beberapa bakteri adalah biang keladi penyebab penyakit. Infeksi bakteri bisa ringan sampai berat yang menyebabkan kematian. Misalnya seperti tuberkulosis dan kolera. Penasarankah Anda bagaimana bakteri bisa menyebar dan menyebabkan penyakit, dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Simak terus di artikel ini.

Beragam cara bakteri dapat menyebar

Secara umum, cara penyebaran bakteri adalah lewat empat cara utama berikut ini :

Melalui sentuhan antar kulit dan benda yang mengandung bakteri

Salah satu rumah ternyaman bagi bakteri adalah tangan manusia. Sekitar 5 ribu bakteri menghuni kedua tangan Anda setiap waktu. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi medium penyebaran bakteri.

Tidak mencuci tangan setelah memegang hidung/mulut saat batuk/bersin, memegang hewan, buang air kecil/besar, menyentuh makanan mentah, menyiapkan makanan, mengganti popok anak, dan lain-lain bisa memicu penyebaran bakteri dari tubuh Anda ke orang lain. Menyentuh kulit orang yang terinfeksi juga dapat menyebabkan Anda tertular penyakitnya.

Contohnya begini: Anda sedang mengalami infeksi mata merah (konjungtivitis), dan kemudian Anda mengucek mata, tidak cuci tangan dulu, dan selanjutnya bersalaman dengan orang lain. Setelahnya orang tersebut mengucek matanya atau makan dengan tangan tanpa cuci tangan. Orang tersebut dapat mengalami infeksi mata yang sama atau mungkin infeksi di bagian lainnya akibat perpindahan bakteri dari Anda melalui sentuhan.

Prinsip penyebaran bakteri yang sama juga terjadi jika Anda suka pinjam meminjam barang pribadi atau menyentuh barang yang bekas dipakai orang sakit. Misalnya tisu bekas menadah bersin atau handuk mandi orang yang punya diare.

Melalui udara

Cara lain dari penyebaran bakteri adalah lewat partikel embun air yang keluar saat Anda batuk atau bersin. Partikel udara yang berisi bakteri dan virus bisa saja terhirup oleh orang lain dan menginfeksi tubuhnya, sehingga mereka tertular batuk dan flu yang Anda miliki. Parahnya lagi, bakteri tidak terlihat secara kasat mata, sehingga Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang sedang sakit dan bersin/batuk di dekat Anda.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan masker saat sakit. Atau jika tidak tersedia, Anda harus selalu mematuhi etika saat batuk dan bersin, misalnya menutup mulut saat batuk dan bersin, untuk mencegah penularan penyakit melalui udara, seperti TBC.

Kontaminasi silang makanan

Jika tidak memerhatikan kebersihannya, aktivitas memasak tidak jarang bisa menjadi sumber penularan penyakit akibat bakteri. Proses memasak yang kurang bersih, seperti tidak mencuci tangan setelah menyentuh makanan mentah, menyiapkan makanan, dan menggunakan toilet sebelum memasak dapat menyebarkan bakteri pada orang lain. Makan makanan yang terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan diare, botulisme, dan keracunan makanan, contohnya.

Cara lainnya

Di luar itu, bakteri juga bisa menyebar dengan cara yang berbeda, seperti melalui:

  • Minum atau menggunakan air yang tercemar (kolera dan demam tifoid)
  • Kontak seksual (sifilis, gonore, klamidia)
  • Kontak dengan hewan (antraks, cat scratch disease)
  • Perpindahan bakteri dari salah satu bagian  tubuh, yang menjadi habitat sesungguhnya, menuju bagian lain, di mana bakteri menyebabkan penyakit (seperti saat E coli berpindah dari usus ke saluran kemih sehingga menyebabkan infeksi saluran kencing).

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , ,
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.