Blog

Desember 18, 2018

Bagaimana Amoba Menginfeksi Manusia?

servis mikroskop jogjaBAGAIMANA AMOEBA MENGINFEKSI MANUSIA?

Amoeba – Pernahkah Anda mendengar bahaya bisa terinfeksi amoeba melalui air ketika berenang? Pasti pernah bukan? Lantas bagaimana yang sebenarnya? Nah pada kesempatan kali ini mari kita ulas tuntas mengenai bagaimana cara amoeba menginfeksi manusia.

Mengenal amoeba Naegleria fowleri yang suka berenang di air kotor

Amoeba merupakan suatu organisme sel tunggal yang berukuran sangat kecil dan dapat menginfeksi manusia. Baru-baru ini spesies amoeba langka bernama Naegleria fowleri menginfeksi otak seorang remaja di Amerika Serikat setelah ia berenang di air keruh, sungai dekat rumahnya.

                       

Naegleria fowleri merupakan amoeba yang berukuran sangat kecil, yaitu 8 hingga 15 mikrometer. Sebagai perbandingan, rambut manusia memliki lebar 40 hingga 50 mikrometer. Amoeba jenis ini sering ditemukan pada air tawar hangat, umumnya pada sungai dan danau — terutama yang kotor. Amoeba ini bahkan dapat ditemukan pada kolam renang yang kurang bersih.

Bagaimana amoeba Naegleria fowleri menginfeksi manusia?

Naegleria fowleri sebenarnya jarang menginfeksi manusia. Anda bisa dan mungkin saja pernah mengalami kontak dengan amoeba ini dan tidak jatuh sakit. Pasalnya jika tertelan, asam lambung Anda bisa langsung membunuhnya. Tetapi jika terjadi infeksi, biasanya akan berakibat fatal.

Infeksi bisa terjadi ketika amoeba ini masuk ke dalam tubuh lewat lubang hidung ketika Anda berenang di air keruh dan menghirupnya. Dari situ, amoeba menginfeksi otak melalui serabut saraf olfaktori yang ada di hidung Anda. Karena menginfeksi otak,Naegleria fowleri juga sering dikenal sebagai amoeba pemakan otak.

Antara tahun 1962 dan 2015, dari 138 infeksi amoeba, hanya tiga orang yang berhasil selamat menurut Centre for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat (setara Ditjen Pengendalian Penyakit di Indonesia).

Tanda dan gejala infeksi amoeba Naegleria fowleri

Infeksi Naegleria fowleri dapat menyebabkan seperangkat gejala yang disebut primary amebic meningoencephalitis, yang ditandai dengan peradangan otak yang lambat laun menghancurkan jaringan otak. Gejala umumnya adalah mual muntah yang terjadi lima hari setelah paparan pertama dengan amoeba tersebut.

Serangkaian gejala lainnya bisa dimulai dalam 2 hingga 15 hari setelah paparan dengan amoeba. Tanda-tanda dan gejala lainnya dari infeksi naegleria dapat meliputi:

  • Perubahan pada indera penciuman atau pengecap
  • Demam
  • Sakit kepala serius dan tiba-tiba
  • Leher kaku
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Mual dan muntah
  • Linglung
  • Kehilangan keseimbangan
  • Rasa kantuk
  • Kejang-kejang
  • Halusinasi
Bisakah infeksi ini diobati?

Infeksi amoeba ini sangat mematikan. Setelah gejala timbul, seseorang yang terinfeksi dapat meninggal dunia dalam waktu 5-7 hari.

Namun hal ini bisa dicegah dengan pengobatan yang tepat. Pada pasien yang telah terinfeksi amoeba ini, pengobatan daruratnya adalah dengan obat kanker yang disebut Impavido (miltefosine).

Perawatan utama untuk infeksi Naegleria fowleri adalah obat antijamur, amphotericin B – biasanya disuntikkan ke dalam pembuluh darah (secara intravena) atau pada area di sekitar saraf tulang belakang untuk membunuh amoeba.

Bagaimana cara mencegahnya?

Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi amoeba jenis ini adalah menghindari berenang di air kotor dan membenamkan kepala (misalnya berenang atau menyelam) ke dalam air tersebut. Hindari juga mandi dan mencuci hidung dengan air yang terkontaminasi.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart