Blog

Januari 2, 2019

Tahap Virus Menyerang Manusia

servis mikroskop jogjaTAHAP VIRUS MENYERANG MANUSIA

Tahap Virus Menyerang Manusia – Apa yang Anda ketahui tentang virus? Virus ini merupakan penginfeksian yang hanya hidup di dalam sel organisme lain. Lantas bagaimana virus ini menyerang manusia? Virus menyerang menusia dengan cara mengambil alih inti sel lalu mengubah isinya sebagai kepentingan perkembangbiakan virus.

Cara Virus Menyerang Manusia

1. Tahap Pelekatan

Tahap pelekatan adalah tahap dimana virus melekat pada bagian reseptor sel inang (sel yang akan diinfeksi).

2. Tahap Penetrasi

Tahap penetrasi adalah tahap pemasukan materi genetik virus berupa asam nukleat ke dalam sitoplasma sel inang. Asam nukleat harus berhasil menembus membran sel dan dinding sel (jika ada). Proses ini dapat dihentikan oleh sistem kekebalan tubuh.

3. Tahap Replikasi

Tahap replikasi adalah tahap penggandaan materi genetik virus di dalam sel inang. Pada tahap ini, sel inang diambil alih oleh virus dengan cara “membajak” proses repliasi dan translasi sel, kemudian mengganti struktur DNA pada inti sel inang. Struktur DNA tersebut akan melakukan transkripsi menjadi mRNA dan mempengaruhi kinerja ribosom.

4. Tahap Sintesis

Tahap sintesis adalah tahap pembentukan komponen yang dibutuhkan virus untuk berkembang biak. Komponen tersebut yaitu asam nukleat dan protein yang akan digunakan untuk kapsid (selubung protein virus). Proses ini dibantu oleh nukleus yang sudah diambil alih oleh virus. Virus juga memanfaatkan proses metabolisme sel inang untuk mengembangbiakan bakal virus baru. Ada tiga tahap produksi protein virus yaitu kepala, DNA atau RNA (tergantung pada jenis virus), dan protein struktural (kepala dan ekor virus)

5. Tahap Pematangan

Tahap pematangan adalah tahap perakitan komponen-komponen virus yang berupa protein dan asam nukleat sehingga menjadi virus.

6. Tahap Pelepasan

Tahap pelepasan adalah tahap dimana virus keluar dari sel inang dengan cara memecahkan sel tersebut. Akibatnya, sel inang mati. Satu virus yang menyerang sel inang dapat menghasilkan beberapa virus

JASA SERVIS MIKROSKOP | SERVIS MIKROSKOP JOGJA |JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com


Artikel , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart