Blog

Desember 17, 2018

Mengatur Fokus Mikroskop

servis mikroskop jogjaMengatur Fokus Mikroskop

Mengatur Fokus Mikroskop – Mikroskop merupakan alat laboratorium yang ering digunakan untuk sebuah penelitian. Dalam sebuah mikroskop tentunya terdapat beberapa bagian yang harus kita ketahui.

Jika mengggunakan mikroskop binokuler, atur lensa mata sampai mata bisa melihat sinar bulat. Jika kita melihat 2 gambar ketika melihat melalui lensa mata, maka kita harus mengatur jaraknya. Gerakan lensa mata dekat atau jauh sampai sinar bulat terlihat. Lepaskan kaca mata jika menggunakannya. Kita bisa menggunakan setting mikroskop untuk memfokuskan objek menurut penglihatan kita.

  • Mengatur Fokus pada Lensa Objektif

FOKUS MIKROSKOPDi dalam mikroskop mungkin ada 2 atau tiga lensa objektif berbeda yang bisa diganti untuk memperbesar objek. Kita harus mulai mengamati sampel dengan menggunakan lensa objektif 4x dan meningkatkan pembesaran hingga fokus. Biasanya, lensa objektif 4x (kadan 3,5x) adalah pembesaran terendah pada kebanyakan mikroskop.

Lensa objektif yang rendah memberikan penglihatan yang luas, dan memungkinkan kita untuk perlahan memfokuskan objek, teknik ini disebut scanning objective. Jika kita memulai pengamatan menggunakan lensa objektif tinggi, kita mungkin tidak akan melihat objek secara penuh dan akan kesulitan mencari objek yang ingin kita amati.

Biasanya, lensa objektif mempunyai pembesaran 10x atau 40x. Lensa mata mempunyai pembesaran 10x, dan jika dikalikan dengan pembesaran lensa objektif, pembesaran 4x misalnya, maka kita akan mempunyai total pembesaran 40x. Lensa objektif 10x akan memberikan pembesaran 100x, dan lensa objektif 40x, 400x pembesaran.

  • Mengatur Fokus pada Kaca Preparat Menggunakan Pengatur Fokus dan Diapragma

Mulai mengatur fokus menggunakan pengatur fokus kasar dan kemudian ubah tingkat cahayanya. Putar pengatur fokus kasar secara perlahan sambil mengamati sampel lewat lensa mata, lakukan hal ini sampai gambar bisa fokus. Gunakan pengatur fokus halus untuk lebih memfokuskan gambar.

Ketika kita memfokuskan menggunakan pengatur fokus, meja mikroskop naik mendekat ke lensa objektif. Jadi, hati-hati saat memfokuskan agar lensa objektif tidak menyentuh kaca preparat.

  • Memperbesar Gambar dengan Lensa Objektif yang Lebih Tinggi

Ganti ke objektif yang lebih tinggi hanya ketika kita tidak bisa memfokuskan gambar lebih jauh lagi menggunakan lensa objektif rendah. Pembesaran tinggi memungkinkan kita melihat detail sampel lebih dalam. Hati-hati saat mengganti lensa objektif untuk menghindari merusak kaca preparat. Gunakan pengatur fokus halus ketika mengamati gambar menggunakan lensa objektif tinggi.

Mikroskop adalah instrumen dalam laboratorium yang digunakan untuk mengamati gambar dengan tingkat pembesaran yang tinggi, yaitu seperti sel atau jaringan tumbuhan. Mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk menggunakan mikroskop adalah hal yang penting, agar kerusakan yang diakibatkan penggunaan mikroskop yang salah bisa dihindari.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart