Blog

Desember 10, 2018

Manfaat Kandungan Oralit

servis mikroskop jogjaMANFAAT KANDUNGAN ORALIT

Kandungan Oralit – Pernahkah Anda mendengar istilah oralit? Oralit merupakan larutan yang biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit diare. Kandungan oralit itu apa saja sih? Kandungannya adalah Natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, dan natrium bikarbonat. Cara dalam pembuatan oralit ini adalah dengan mencampurkan air, gula, dan garam. Lantas apa manfaat dari oralit ini?

Penggunaan Oralit di Dunia

Terapi ini dikembangkan pada pertengahan abad ke 20. Ini membantu menurunkan kematian penderita yang mengalami dehidrasi karena muntah-muntah dan diare. Hal ini terutama terjadi pada wabah kolera yang menyerang anak-anak. Ini menjadi pertanda bahwa kesehatan masyarakat menjadi lebih baik di seluruh dunia. Oralit sendiri merupakan salah satu obat dalam World Health Organization’s list of Essential Medicines.

Sebelum oralit sering digunakan, kebanyakan akan yang meninggal di negara berkembang, meninggal karena diare. Antara tahun 1980 dan 2006, pengenalan oralit untuk menurunkan kematian anak-anak di dunia dari 5 sampai 3 juta anak setiap tahunnya. Bagaimanapun, pada 2008, diare masih menjadi penyakit kedua yang banyak menyebabkan kematian pada anak di bawah lima tahun (17%) setelah pneumonia.

Pembuatan Oralit dan Dosis Oralit

WHO dan UNICEF mengembangkan aturan resmi tentang bagaimana membuat oralit. Tergantung dari material atau bahan yang tersebut. Ada beberapa alternatif untuk pembuatannya. Produk-produk oralit juga dibuat secara komersial baik yang sudah berupa cairan ataupun yang berupa bubuk. Formula oralit menurut WHO/UNICEF yaitu 2,6 gram garam, 2,9 gram trisodium citrate dihydrate, 1,5 gram KCL, 13,5 gram anhydrous glucose untuk satu liter air.

Terapi dasar untuk mengatasi dehidrasi yaitu dengan mencampurkan gula dan garam dalam air. Rasio yang digunakan sebaiknya tepat sehingga dapat optimal walaupun tidak menggunakan bahan yang terlalu lengkap. Rasio untuk membuat oralit dari garam, gula, dan air yaitu:

30 ml gula: 2,5 ml garam : 1 liter air atau 6 sendok teh gula : 0,5 sendok teh garam : 1 quart air

Rehydration Project mengatakan bahwa membuatnya menjadi sedikit lebih ringan yaitu menggunakan lebih dari 1 liter air tidak buruk bagi orang yang sakit. Cairan yang paling baik untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan oralit yaitu air putih bersih. Namun cairan seperti air beras, air kelapa, yogurt, teh tanpa pemanis, jus tanpa pemanis juga bisa dipakai jika rasanya plain dan air putih bersih tidak tersedia. Air dapat aman dengan klorin atau dengan memasaknya. Oralit harus tetap diberikan meskipun jika air yang tersedia kurang bersih, menghindari dehidrasi lebih penting.

Rasio molar dari gula ke garam harus 1 : 1 dan solusinya harus tidak hyperosmolar. Mayo clinic menyarankan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula untuk satu liter air. Layanan kesehatan British Columbia menyarankan satu bagian jus buah tanpa gula dicampur dengan empat bagian air putih.

Dosis untuk memakai oralit berdasarkan umur yaitu:

  1. Anak di bawah 1 tahun, 3 jam awal 1,5 gelas dan kemudian ½ gelas setiap habis muntah atau diare.
  2. Anak antara 1 – 5 tahun, 3 jam awal 3 gelas dan kemudian 1 gelas setiap habis muntah atau diare.
  3. Anak 5 – 12 tahun, 3 jam awal 6 gelas dan kemudian 1,5 gelas setiap habis muntah atau diare.
  4. Di atas 12 tahun, 3 jam awal 12 gelas dan kemudian 2 gelas setiap habis muntah atau diare.

Manfaat Oralit dan Penyakit yang Diatasi

Fungsi utama oralit yaitu untuk mengganti cairan tubuh saat kekurangan cairan atau dehidrasi. Kita biasanya mengenal oralit untuk mengatasi masalah diare, namun selain diare ada juga penyakit lain yang dapat diatasi dengan oralit karena menimbulkan dehidrasi. Berikut ini beberapa masalah yang bisa menyebabkan dehidrasi dan bisa ditangani dengan oralit :

1. Diare

Diare merupakan penyakit saat tinja menjadi lembek atau lebih cair, biasanya minimal tiga kali buang air besar dalam sehari. Diare bisa menyebabkan kematian karena cairan tubuh dapat keluar terus-menerus sehingga menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Diare juga sangat berbahaya jika menyerang balita, ini merupakan penyakit yang paling umum menyebabkan kematian pada balita di negara-negara berkembang.

Penyakit diare biasanya disebabkan oleh alergi, kelebihan vitamin C, mengonsumsi makanan asam, pedas, dan bersantan secara berlebih, mengkonsumsi buah-buahan tertentu, dan lain-lain. Pada saat makanan masuk ke sistem pencernaan, cairan yang tidak mencukup diserap usus besar. Usus besar sendiri menyerap air lalu meninggalkan material yang lain sebagai kotoran. Namun jika usus besar mengalami kerusakan maka penyerapan tidak dapat terjadi sehingga kotoran yang keluar merupakan kotoran yang berair.

Diare juga disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Ini biasanya terjadi pada orang-orang yang tinggal di daerah yang kumuh dan kotor. Makanan dan tempat tinggal yang kurang bersih bisa menyebabkan terkena diare, terutama pada anak-anak. Jika tidak ditangani dengan baik maka bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu oralit bisa menjadi solusi murah saat terjadinya diare. Diare sendiri bisa menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius, misalnya disentri, botulisme, dan kolera. Radang usus buntu juga bisa menimbulkan gejala diare.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart