Blog

November 12, 2018

Cara Penggunaan Mikroskop

Cara Penggunaan Mikroskop

Penggunaan Mikroskop – Menggunakan mikroskop memang sangat harus berhati – hati, karena alatnya yang rentan dengan kerusakan. Cara penggunaannya pun harus diperhatikan, berikut cara penggunaan mikroskop yang tepat.

Pengenalan dan Adaptasi

Pertama, kenali bagian-bagian mikroskop yang akan Anda operasikan. Kenali letak bagian-bagian mikroskop sehingga Anda tidak salah dalam pengaturan atau pengoperasiannya. Kemudian biasakan mengoperasikan mikroskop sesuai urutan pengoperasian.

Pemindahan dan Penempatan Mikroskop

Pemindahan dan penempatan mikroskop sangat penting dan berharga untuk diketahui dan diingat. Mikroskop yang bagus akan awet jika penanganannya (pemindahan dan penempatan atau pengoperasiannya) benar. Mikroskop merupakan instrument yang sensitif, jika terbentur dapat mengalami kerusakan. Selalu membawa mikroskop menggunakan kedua tangan. Pegang lengan mikroskop dengan satu tangan dan pegang bagian bawah mikroskop dengan tangan lainnya. Selalu letakkan mikroskop pada permukaan yang stabil dan rata.

Persiapan Preparat

Preparat harus selalu dipersiapkan dengan penutup kaca yang menutupi spesimennya. Penutup tersebut akan menjaga lensa objektif jika lensa menyentuh preparat. Untuk menyangga preparat di atas meja preparat agar tetap stabil, jepit preparat menggunakan penjepit preparat yang sudah menjadi satu dengan meja.

Memfokuskan Lensa Mikroskop

  • Mulai memutar turret atau revolver nosepiece sehingga penggunaan lensa objektif dimulai dari kekuatannya yang terkecil/paling rendah. Lensa objektif dengan kekuatan yang paling rendah memiliki ukuran yang paling kecil. Cara termudah memfokuskan gambar dengan mengatur lensa objektif.
  • Atur fokus kasar dengan memutar Coarse Focus Knob hingga meja preparat bergerak keatas dengan cepat mendekati lensa objektif, namun tanpa menyentuh preparat. Anda tidak boleh melihat menggunakan lensa okuler saat mengatur bagian ini untuk menghindari tersentuhnya atau terjepitnya preparat pada lensa objektif yang akan mengakibatkan lensa objektif rusak.
  • Sekarang lihat melalui lensa okuler dan atur pencahayaannya dan diafragmanya hingga mencapai pencahayaan yang nyaman pada penglihatan dan maksimal pada sampel.
  • Secara perlahan atur fokus kasar hingga meja preparat bergerak kebawah (menjauh dari lensa objektif). Lanjutkan hingga gambar terlihat fokus dan jelas.
  • Gerakkan preparat hingga gambar preparat berada di posisi tengah. Kemudian atur kembali pencahayaan atau diafragma untuk mendapatkan gambar yang paling jelas. Sekali Anda mendapat gambar dengan jelas, anda harus  mengubahnya ke lensa objektif dengan kekuatan yang lebih tinggi secara teratur. Jika anda tidak dapat memfokuskan specimen, ulangi tahap diatas dan lakukan dari lensa objektif kekuatan kecil ke lensa objektif lainnya dengan kekuatan yang lebih besar.

Perawatan dan Pemeliharaan

Mikroskop majemuk akan awet jika dirawat dengan baik dan Kami menrekomendasikan Anda untuk mengikuti saran berikut.

  • Ketika pengamatan telah selesai, turunkan meja preparat. Atur lensa objektif  pada kekuatan yang paling rendah sehingga jarak meja dan lensa objektif merupakan jarak terjauh. Kemudian lepaskan preparat.
  • Matikan lampu, sumber cahaya atau putus sumber energi yang dikonsumsi mikroskop selama penggunaan.
  • Hindari jari Anda menyentuh lensa mikroskop. Jika akan membersihkan lensa, gunakan kertas lensa yang khusus untuk membersihkannya.
  • Debu adalah musuh nomor 1 mikroskop, jadi selalu tutup mikroskop saat tidak digunakan. Ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, masukkan mikroskop ke dalam boxnya.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , ,
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart