Blog

Desember 13, 2018

Cara Penggunaan Gelas Ukur

Cara Penggunaan Gelas UkurCara Penggunaan Gelas Ukur

Fungsi Gelas Ukur – Pada sebuah ruang laboratorium tentunya terdapat banyak alat laboratorium yang digunakan untuk penelitian. Salahsatunya adalah gelas ukur yang sering digunakan untuk mengukur volume suatu cairan yang akan diteliti.
Gelas ukur memiliki bentuk seperti pipa yang mempunyai kaki/ dudukan sehingga dapat ditegakkan. Pada bibir atas terdapat bibir tuang untuk memudahkan dalam menuang larutan atau cairan.
Gelas ukur terbuat dari gelas, Namun ada juga yang terbuat dari plastik tahan bahan kimia. Pada badannya terdapat skala dan di bagian atas terdapat tulisan yang menyatakan kapasitas gelas ukur tersebut.

Fungsi Gelas Ukur

Gelas ukur (measuring cylinder) ini berfungsi untuk mengukur volume cairan yang tidak memerlukan ketelitian tinggi seperti; pereaksi/reagen untuk analisis kimia kualitatif. Gelas ukur berbentuk corong/silinder dan ada garis penanda pada satu sisi gelas ukur sebagai hitungan jumlah cairan yang telah terukur dan mempunyai ukuran volume mililiter yang berfariasi.
Gelas ukur secara umum lebih akurat dan lebih presisi dibandingkan labu laboratorium dan gelas kimia, tetapi gelas ukur semestinya tidak dapat digunakan dalam analisis volumetrik; alat-alat gelas volumetrik, seperti labu ukur atau pipet ukur, dapat digunakan, karena lebih akurat dan lebih presisi. Gelas kimia terkadang digunakan untuk mengukur volume padatan secara tidak langsung dengan mengukur kenaikan volume cairan dalam gelas ukur pada saat padatan tersebut dimasukkan.

Cara Penggunaan Gelas Ukur

Saat mengukur volume larutan tidak berwarna, Anda harus memperhatikan batas meniskus cekung bagian bawah. Gelas ukur harus diletakan pada daerah yang datar dan meniskus dibaca sejajar dengan mata.
Untuk mengukur volume raksa, Anda harus memperhatikan batas meniskus cembung yang dilihat sejajar dengan mata dan meletakan gelas ukur pada bidang yang rata.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , ,
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart