Blog

Desember 21, 2018

Bagian – Bagian Mekanik Mikroskop

Bagian – Bagian Mekanik Mikroskop

Bagian - Bagian Mekanik Mikroskop

Bagian bagian mekanik mikroskop

Bagian – Bagian Mekanik Mikroskop  – Bagian mikroskop terbagi menjadi beberap bagian yang memiliki fungsi masing – masing. Berikut bagian mekanik mikroskop.

Bagian mekanis atau non optik pada mikroskop terdiri atas:

  • Tabung lensa (eyepiece tube)
  • Revolver (nosepiece microscope)
  • Meja (stage)
  • Makrometer (coarse focus knob)
  • Mikrometer (fine focus knob)
  • Sendi inklinasi

Tabung lensa (eyepiece tube)

Bagian mikroskop ini menghubungkan lensa okuler dan obyektif. Pada mikroskop binokuler, umumnya menggunakan cincin pengatur diopter yang mengatasi ketidakkonsistenan penglihatan, baik dengan satu mata maupun dengan dua mata. Mikroskop monokuler tidak memerlukan diopter. Mikroskop binokuler jua dilengkapi dengan pengaturan Interpupillary yang memungkinkan pengaturan jarak pandang oleh pengamat yang berbeda.

Revolver (nosepiece microscope)

Revolver merupakan rumah (house) bagi lensa obyektif. Lensa obyektif yang diletakkan pada revolver umumnya 3 buah dengan perbesaran 4x, 10x dan 100x. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu memutar revolver untuk mengganti perbesaran lensa obyektif.

Meja (stage)

Meja adalah bagian mikroskop dimana anda meletakkan obyek pengamatan. Meja ini merupakan bagian mekanis yang penting dari sebuah mikroskop. Anda dapat menggerakan meja mikroskop ke depan-belakang, ke kiri-kanan, dan ke atas-bawah. Dengan demikan, tidak ada lagi bagian sel yang tidak teramati mikroskop.

Meja dilengkapi dengan penjepit (clip) untuk mengunci preparat supaya tidak jatuh atau bergeser. Ketika anda menggeser meja, maka jepitlah preparat anda supaya spesimen yang anda amati tidak bergerak liar.

Lubang pada meja disebut dengan aperture. Melalui aperture inilah cahaya yang berasal dari iluminator dapat menembus spesimen.

Makrometer (coarse focus knob)dan Mikrometer (fine focus knob)

Makrometer dan mikrometer pada mikroskop memiliki fungsi yang sama, yakni menghasilkan image atau bayangan yang fokus alias memperjelas gambar. Cara kerjanya simpel. Pertama anda putar knob makrometer untuk mendapatkan image. Ketika sudah mendapatkan image, selanjutnya gunakan mikrometer dengan memutar kenopnya secara perlahan sehingga bayangan yang anda lihat jelas (clear).

Makrometer dan mikrometer membantu anda melakukan identifikasi obyek secara lebih cepat. Ketika melakukan penelitian dalam bidang mikrobiologi dan perlu dipublikasikan dalam bentuk jurnal, maka mikroskop menjadi salah satu alat laboratorium yang berjasa. Kenali bagianya dengan baik untuk bekerja dengan mikroskop secara lebih profesional.

Sendi inklinasi

Sendi inklinasi anda mengatur tingkat kemiringan meja preparat. Anda pun bisa bekerja lebih nyaman dan ergonomis. Namun perlu diperhatikan jika, preparat anda adalah jenis preparat basah (segar). Bisa jadi jika terlalu miring membuat spesimen yang anda amati tumpah.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Uncategorized ,
About Eni Nur Hidayati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart