Blog

Februari 27, 2019

Bagaimana Cara Membeli Mikroskop?

Panduan Memilih MikroskopBAGAIMANA CARA MEMBELI MIKROSKOP?

Servis Mikroskop Jogja – Mikroskop terbagi ke dalam dua kategori dasar, yaitu mikroskop Compound dan Stereo. Mikroskop Compound sering dikaitkan dengan mikroskop yang memiliki kelebihan daripada mikroskop Stereo. Nah berikut ini adalah beberapa cara atau panduan dalam memilih saat membeli mikroskop.

Mikroskop Compound

Anda akan membutuhkan mikroskop compound jika Anda akan mengamati benda yang lebih kecil seperti sampel darah, bakteri, mikroorganisme kolam/air, dan benda kecil lainnya. Alasannya yaitu sampel membutuhkan pembesaran yang tinggi untuk dapat dilihat secara detail. Untuk alasan ini, mikroskop compound dikenal juga dengan mikroskop berkekuatan besar. Cirinya, mikroskop ini memiliki 3 sampai 5 lensa objektif dengan rentang pembesaran 4x hingga 100x. Asumsikan pembesaran lensa okuler 10x dan lensa objektif 100x, total pembesaran akan menjadi 1000 kali. Mikroskop compound juga terintegrasi antara badan mikroskop dengan sistem lensa menjadi sebuah unit mikroskop.

Ketika mempertimbangkan untuk memilih mikroskop compound, Anda juga perlu memutuskan mikroskop monokular, binokular atau trinokular yang akan Anda pilih.

Berikut empat dasar pemilihan mikroskop:

  1. Pembesaran: monokular mikroskop bekerja secara efisien hingga 1000x pembesaran. Untuk pembesaran  yang lebih tinggi, diperlukan mikroskop binokuler.
  2. Kenyamanan: kebanyakan orang mencari mikroskop binokular karena yang lebih ergonomis dan mudah digunakan daripada monokular. Disis lain, anak-anak lebih mudah menggunakan monokular.
  3. Harga: ketika rentang harga tumpang tindih, biasanya mikroskop monokular adalah jenis yang mahal, trinokular menjadi yang paling mahal.
  4. Aplikasi: kebanyakan mikroskop monokular tidak masuk pada penggunaan mekanis yang canggih. Kebanyakan mikroskop binokular masuk kedalam penggunaan mekanis. Sedangkan trinokular digunakan untuk keperluan mikrofotografi.

Mikroskop Stereo

Anda akan membutuhkan mikroskop stereo untuk mengamati spesimen yang lebih besar seperti serangga, daun, batu, permata. Biasanya, hanya pembesaran 6.5x hingga 45x yang dibutuhkan spesimen untuk diamati. Bisa disebut mikroskop ini disebut mikroskop berkekuatan rendah. Dari definisinya, mikroskop stereo mempunyai setidaknya dua lensa okuler (binokuler) dan menyediakan tampilan gambar tiga dimensi dari spesimen. Mikroskop tersebut tersedia salah satu dari dua konfigurasi: dual power atau zoom. Dalam contoh pertama, mikroskop memiliki dua pilihan pembesaran, misalnya 20x-40x. Dalam mikroskop zoom, ada rentang zoom terus menerus dari daya terendah untuk kekuasaan tertinggi. Misalnya, dari 6.5x ke 45x.

Seperti mikroskop Compound, mikroskop stereo juga hadir dalam bentuk trinokular untuk tujuan fotografi. Miroskop stereo dapat diintegrasikan sebagai satu unit terintegrasi, namun juga ada yang dapat dirakit dengan basis yang berbeda. Akan tetapi, kebanyakan orang lebih suka mikroskop yang sudah terintegrasi.

Kualitas

Sekarang Anda sudah dapat memutuskan mikroskop apa yang Anda perlukan, banyak variabel yang harus dipertimbangkan, lebih lanjut, yang terpenting yaitu kualitas. Kualitas yang berlaku untuk mikroskop antara lain konstruksi, lensa, dan pencahayaan. Kita akan mempertimbangkannya.

  • Kualitas konstruksi

Kebanyakan orang percaya bahwa harga yang tinggi sebanding dengan kualitas yang baik. Sebagian benar, namun terlalu simpel jika disamakan dengan sebuah mobil. Sama seperti mobil, mikroskop yang paling baik di dunia sangat-sangat lah mahal.

Konstruksi yang baik dari mikroskop antara lain keergonomisan, dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, memiliki elemen logam yang padat, prisma berkualitas, dengan diafragma iris serta mechanical stage-nya yang solid.

  • Kualitas Optik

Kualitas optik ditentukan oleh lensa objektif dan lensa okulernya. Untuk standar yang baik, lensa objektifnya berupa lensa akromatik.

  • Pencahayaan

Terdapat empat pencahayaan utama dari mikroskop yaitu Halogen, LED, Flourescent atau Neon, dan Tungsten. Halogen menghasilkan cahaya putih yang kuat dan dapat disesuaikan. LED dapat digunakan dengan baterai isi ulang. Mikroskop sepenuhnya dapat menjadi portabel dan dapat digunakan di luar laboratorium serta pameran dengan sumber listrik terbatas atau saat kabel terjadi masalah. Flourescent Light biasanya terdapat pada mikroskop dengan keperluan penelitian biologi dan aplikasi serupa.

Pertimbangan lainnya

  • Diafragma Iris dan Kondensor

Saat membeli mikroskop, pastikan diafragma Iris dan Kondensornya memiliki kualitas yang baik.  Hal ini dikarenakan kedua item tersebut memiliki peran yang besar terhadap dasar pencahayaan. Kondensor yang baik juga memungkinkan penyesuaian cahaya yang baik saat mikroskop digunakan.

  • Mechanical Stage

Mechanical stage atau meja preparat memiliki peran yang penting pula dalam pengamatan melalui mikroskop. Meja preparat yang baik lebih terlihat solid, kokoh, memiliki fitur pengaturan pembesaran yang baik dan ergonimis, serta mudah digunakan.

JASA SERVIS MIKROSKOP | Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami. Hubungi kami KLIK DISINI | Telp : +62 857 2813 1277  | Email : sarionoppkl2013@gmail.com

Artikel , , , , , , , , , , , , , , , , ,
About Niken Swastika Nurfitriana

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Servis Mikroskop

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan terhadap mikroskop anda sehingga anda dapat melakukan pengamatan mikroskopis lagi tanpa harus membeli mikroskop baru. Selain itu kami juga dapat melayani jasa servis panggilan untuk mikroskop dan alat alat laboratorium lain sesuai dengan kesepakatan dengan anda selaku mitra kami.

Cart